1.1 Pengertian, Tujuan, Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

A    Pengertian Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Sosial Dasar merupakan sebuah kajian yang sifatnya tidak terpaku dengan bidang keahlian (disiplin) tertentu atau biasa disebut dengan interdisiplin. Pengertian interdisiplin  yaitu mencakup dari berbagai bidang keahlian seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial. Ilmu Sosial dasar diharapkan dapat membantu  untuk menganilisis dan melesaikan problem atau masalah yang dihadapi oleh masyarakat.
Ilmu Sosial Dasar biasa diberikan pada jenjang pendidikan Perguruan Tinggi dan sebagai bagian Mata Kuliah Dasar Umum. Sedangkan pada jenjang pendidikan sebelum Perguruan Tinggi (Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas), pelajaran mengenai hubungan sosial biasa diberikan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Menurut Arthur G. Binning and David H.Binning (1982), Studi Sosial adalah mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan perkembangan dan organisasi masyarakat manusia dan manusia sebagai anggota dari kelompok sosial.

B Tujuan Umum dan Khusus Ilmu Sosial Dasar

Tujuan Umum dari Ilmu Sosial Dasar adalah untuk membantu perkembangan pengetahuan,  pemikiran, dan kepribadian agar memperoleh pengetahuan yang lebih luas dan memiliki kemampuan untuk bersikap dan bertingkah laku yang baik dengan manusia lain. Sedangkan tujuan khusus Ilmu Sosial Dasar antara lain sebagai berikut :

  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam masyarakat.

C    Kelompok Ilmu Pengetahuan

Ilmu Pengetahuan terbagi atas tiga kelompok, antara lain :

  • Natural Sciences

Natural Sciences (ilmu-ilmu alamiah) merupakan bidang kajian yang mempelajari mengenai benda-benda, hukum-hukum pasti dan umum yang berada di alam semesta. Contoh ilmu-ilmu alamiah antara lain : Fisikia, Biologi, Kimia, Astronomi.

  • SocialSciences

Social Sciences (ilmu-ilmu sosial) merupakan bidang kajian yang mempelajari aspek-aspek mengenai manusia dan lingkungan sosialnya. Contoh ilmu-ilmu antara lain : Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Psikologi.

  • Humanities

Humanities (ilmu-ilmu budaya) merupakan bidang kajian yang mempelajari kebudayaan manusia, menggunakan metode yangterutama analitis, kritis, atau spekulatif, dan memiliki sejarah yang signifikan. Contoh ilmu-ilmu budaya antara lain : Kesenian, Agama, Bahasa, Kesusastraan.

1.2 Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan memiliki persamaan dan perbedaan. Perbedaan keduanya antara lain :

  1. Ilmu sosial dasar diberikan di jenjang Perguruan Tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas.
  2. Ilmu Sosial Dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
  3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Sedangkan untuk perbedaan keduanya antara lain :

  • Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
  • Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  • Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

1.3 Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Ruang lingkup pembelajaran Ilmu Sosial Dasar dikategorikan menjadi 3 golongan, antara lain :

  • Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  • Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
  • Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.

Source : http://eritaku.tumblr.com/post/64168376918/assignment-ilmu-sosial-dasar-pengantar-ilmu