LATAR BELAKANG

HAM sangat melekat dalam diri seseorang dan bahkan tidak bisa dipisahkan dalam diriseseorang. HAM berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun.

 

ISI

Hak asasi manusia terbagi dalam berbagai hal, yaitu:

  1. Hak asasi pribadi / personal right yaitu hak yang sudah dimiliki oleh setiap manusia sejak dalam kandungan. Contohnya adalah hak untuk mengeluarkan pendapat.
  2. Hak asasi politik yaitu hak yang dimiliki setiap manusia untuk bisa ikut serta dalam bidang politik tanpa ada diskriminasi dari siapapun. Hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan serta hak untuk ikut serta dalam kegiatan pemerintahan.
  3. Hak asasi hukum yaitu hak yang dimiliki setiap manusia untuk bisa mendapatkan kesetaraan dimata hukum. Contohnya hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan
  4. Hak asasi ekonomi yaitu hak dimiliki setiap manusia untuk bisa ikut serta dalam hal kegiatan perekonomian. Contohnya  hak melakukan kegiatan jual beli.

 

KESIMPULAN

Setiap manusia mempunyai hak sejak mereka dalam kandugan. Hak-hak tersebut biarpun sangat kecil tetapi haruslah sangat dihargai. Sebagai contoh hak dalam melakukan kegiatan ekonomi atau kegiatan jual beli.

SUMBER:

http://www.scribd.com