PENDAHULUAN

Kita telah mengetahui bahwa teori system organisasi melihat prusahaan sebagai sebuah system terbuka. System tersebut menerima sumbernya dari lingkungan, mengubah sumber tersebut menjadi bentuk lain, dan membuat sumber yang ditransformasikan berada kedalam lingkungan.

PEMBAHASAN

Arti model

Model adalah abstraksi dari sesuatu, ia menampilkan tujuan dan aktivitas yang disebut entity.

Jenis model

  • Model fisik, adalah penggambaran tiga dimensi dari kesatuannya. Dalam beberapa hal, model ini berwujud lebih kecil dibandingkan dengan objek yang diwakilkannya.
  • Model naratif, model yang sering digunakan manajer tiap hari tetapi jarang yang mengetahui jika itu adalah sebuah model. Dalam bisnis, informasi tertulis dari computer dan informasi dari system komunikasi merupakan dari contoh model naratif ini sendiri.
  • Model grafis, mewakili entity-nya dengan abstraksi garis, symbol, dan bentuk. Ia seringkali disertai dengan model naratif.
  • Model matematis, model yang sering digunakan dalam pembuatan model bisnis saat ini. Banyak model matematis yang digunakan manajer bisnis saat ini lebih kompleks dibandingkan pada pelajaran matematika diperguruan tinggi.

Model system umum

  • System fisik, merupakan system terbukayang berhubungan dengan lingkungannya melalui sumber daya fisik
  • System konseptual, sebagian system terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak.pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut “lingkaran umpan balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari system ke mekanisme pengendalian, begitu juga sebaliknya.

KESIMPULAN

Model sangatlah penting dibutuhkan dalam suatu perusahaan, karena dengan suatu model manajer bisnis dapat mencapai tujuan perusahaan dengan baik.

DAFTAR PUSTAKA

http://jamil15.wordpress.com/2011/10/01/model-sistem-umum-perusahaan/

Elearning.gunadarma.ac.id