penerapan pengawasan pada organisasi pemuda

1.Pendahuluan

Organisasi yang baik haruslah memiliki manajemen kontrol kinerja yang baik baik dari dalam maupun dari luar. Organisasi yang baik juga adalah organisasi yang memilki partisipasi dan kontrol yang baik dari anggota yang dipimpinnya.Pengawasan adalah proses untuk menjamin  bahwa tujuan – tujuan organisasi tercapai sesuai dengan maksud organisasi tersebut.

2.Isi

Pengawasan pendahuluan ( feed forward control ) dirancang untuk mengantisipasi masalah – masalah atau penyimpangan – penyimpangan dari standar atau tujuan dan memungkinkan koreksi dibuat sebelum suatu tahap kegiatan tertentu diselesaikan .
Pengawasan yang dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan ( concurrent control ) merupakan proses dimana aspek tertentu harus dipenuhi dulu sebelum kegiatan – kegiatan bisa dilanjutkan, atau menjadi semacam peralatan “double – check” yang lebih menjamin ketepatan pelaksanaan suatu kegiatan .
Pengawasan umpan balik ( feedback control ) merupakan pengawasan yang biasa disebut dengan past – action controls, mengukur hasil – hasil dari suatu kegiatan yang telah diselesaikan .
Proses pengawasan juga memiliki 5 tahap yaitu :
Penetapan standar
Penetapan standar adalah penetapan suatu satuan pengukuran yang dapat digunakan sebagai “patokan” untuk penilaian hasil – hasil . Standar sendiri memiliki 3 standar umum yaitu :
Standar – standar phisik, mungkin meliputi kuantitas barang atau jasa, jumlah langganan, atau kualitas produk Standar – standar moneter, yang ditunjukkan dalam rupiah dan mencakup biaya tenaga kerja, biaya penjualan, laba kotor, pendapatan penjualan, dan sejenisnya .
Standar – standar waktu, meliputi kecepatan produksi atau batas waktu suatu pekerjaan harus diselesaikan .
Dalam organisasi mahasiswa perlu pula hendaknya dilaksanakan pengawasan dalam oraganisasi tersebut agar oerganisasi tidak melenceng dari tujuan utamanya.
Sementara itu aspek-aspek yang merupakan dimensi eksternal organisasi seperti faktor ekonomi, politik, sosial, perkembangan teknologi, kependudukan dan sebagainya, menjadi kajian dari ilmu manajemen strategik (strategic management). Jadi, meskipun faktor eksternal ini juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan organisasi dalam mewujudkan visi dan misinya

3.Kesimpulan
Dalam suatu organisasi pemuda atau mahasiswa hendaklah diterpkan pengawasan pada organisasi tersebut , Hal ini dimaksudkan selain untuk kelancaran jalannya organisasi juga dimaksudkan untuk menghindari dari melencengnya tujuan-tujuan utama organisasi tersebut.

4.Daftar Pustaka
Buku Manajemen Karangan T. Hani Handoko Universitas Gadjah Mada

http://tommy.blogspot.com/2010/11/penerapan pengawasan pada organisasi pemuda.html

http://ilhammartin.blogspot.com/2010/11/penerapan pengawasan pada organisasi pemuda.html