PENERAPAN MANAJEMEN DALAM KEHIDUPAN MAHASISWA

1.PENDAHULUAN

Banyak mahasiswa yang kuliah jauh dari rumah mereka sehingga para mahasiswa ini diharuskan kos. Hal itu membuat mereka cukup jauh dari pantauan orang tua mereka. Baik dari tingkah laku maupun dari memanajemen waktu mereka. Para mahasiswa baru ini beranggapan jika mereka telah seefisien mungkin memanajemen waktu mereka seperti saat mereka di SMA dulu. Tapi seiring berjalannya waktu mereka sadar bahwa mereka sangat sulit sekali mendapatkan nilai yang cukup baik, tidak seperti saat mereka SMA dulu yang begitu mudah mendapatkan nilai-nilai yang cukup baik. Mereka mempunyai permasalahan dalam memanajemen waktu mereka. Mereka berpikir jika orang kuliah sama dengan orang sekolah saat SMA. Padahal pendapat itu sangatlah salah. Oleh karena itu mereka harus sangat pandai memanajemen waktu mereka.

2.ISI

Mahasiswa adalah tonggak dari sebuah perubahan. Suatu istilah yang tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar. Mahasiswa selalu menjadi bagian dari perjalanan sejarah sebuah bangsa. Pemikiran kritis, dan konstruktif selalu lahir dari pola pikir para mahasiswa. Peran mahasiswa sangatlah nyata bagi sebuah perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Diamana peran mahasiswa itu sendiri diantaranya: 1) sebagai penganalisa, pemberi solusi terhadap fenomena ataupun peristiwa yang sedang terjadi di masyarakat, 2) sebagai pengamat dan pengontrol terhadap kebijakan dan keputusan pemerintah, 3) sebagai penyambung lidah atau penyampai aspirasi masyarakat kampus pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, 4) sebagai penyampai kebenaran, 5) sebagai agen perubahan (agent of change), 6) sebagai generasi muda penerus masa depan bangsa.

Salah satu cara bagi mahasiswa untuk memanajemen waktu mereka adalah dengan cara sistem siklus pada setiap tahun ajaran atau tiap semester. Cara ini terbukti cukup ampuh dan sangat mudah, langkah pertama adalah mahasiswa diwajibkan membuat tujuan mereka nanti agar bisa memperkuat mereka dalam memanajemen waktu mereka. Langkah kedua adalah mencari penggunaan waktu yang tepat agar semua kegiatan yang kita lakukan dapat berjalan sesuai rencana. Langkah ketiga adalah membangun kesadaran bagaimana kita akan menggunakan waktu sebaik mungkin. Langkah keempat adalah membuat rencana bagaimana waktu yang akan kita lewati tersusun dengan baik termasuk rencana harian, rencana bulanan, atau rencana semesteran. Langkah terakhir adalah memantau sejauh mana kita bisa menjalankan rencana dengan baik sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi kita untuk menyusun rencana yang akan datang.

3.KESIMPULAN

Jika kita bisa memanajemen waktu dengan baik bukan tidak mungkin kita bisa meraih kesuksesan dengan sangat mudah. Maka dari itu mulailah memanajemen waktu dari usia dini. Selamat mencoba dan selamat meraih kesuksesan.

DAFTAR PUSTAKA

1. Obetubaydillah.blogspot.com

2. Hamzahzakaria.blogspot.com

3. Wikipedia.com