PENERAPAN MANAJEMEN DALAM DUNIA USAHA ATAU BISNIS

1.PENDAHULUAN

Segala sesuaatu yang dilakukan sebuah perusahaan haruslah berjalan sefektif mungkin. Oleh karena itu sebuah perusahaan membutuhkan sebuah manajemen yang baik dan bertanggung jawab. Fungsi dari sebuah manajemen dalam sebuah perusahaan adalah membuat perencanaan, dan mengambil keputusan.

2.ISI

Sebuah perusahaan membutuhkan manajemen untuk membuat perusahaan itu menjadi maju dan besar. Selain manajemen perusahaan juga membutuhkan sebuah strategi untuk bisa mengambil hati konsumen. Strategi dapat dibuat secara tertulis atau secara konstan, karena biasanya orang yang memiliki jiwa kewirausahaan pasti memiliki/mempunyai pemikiran strategi apa yang akan dilakukan pada kemungkinan pada kondisi apapun yang akan timbul baik saat sebuah bisnis dibangun atau saat berjalannya sebuah bisnis. Strategi ini biasa diambil oleh manajemen puncak(top management). Disebuah perusahaan sendiri biasanya manajemen mempunyai tiga jenjang yaitu manajemen puncak, manajemen menengah, dan manajemen pelaksana.

1.MANAJEMEN PUNCAK(TOP MANAGEMENT)

Manajemen puncak adalah jenjang manajemen tertinggi dalam sebuah perusahaan. Terdiri dari dewan direksi, dan direktur utama. Dewan direksi bertugasĀ  untuk mengambil keputusan-keputusan penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Manajemen puncak bertugas meneteapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing interaksi organsasi dengan lingkunga.

2.MANAJEMEN MENENGAH(MIDDLE MANAGEMENT)

Manajemen menengah biasanya memimpin suatu divisi atau departemen. Tugasnya adalah mengembangakan rencana-rencana operasi dan menjalankan tugas yang diberikan oleh manajemen puncak. Manajemen menengah bertanggung jawab kepada manajemen puncak.

3.MANAJEMEN PELAKSANA(SUPERVISORY MANAGEMENT)

Manajemen pelaksana adalah manajemen yang bertugas menjalankan perintah-perintah yang diberikan dibuat oleh manajemen menengah. Selain itu, manajemen pelaksana juga mengawasi para pekerja dan bertanggung jawab pada manajemen menengah.

3.KESIMPULAN

Memanajemen sebuah perusahaan harus mampu mengoptimalkan setiap langkah yang akan diambil oleh lawannya, karena itu akan berpengaruh pada kelangsungan hidup sebuah perusahaan.

4.DAFTAR PUSTAKA

1. http://tommy-rivando.blogspot.com/2010/10/penerapan-manajemen-dalam-dunia-usaha.html

2. Alam.S.2007.Ekonomi SMA kelas 3.Jakarta:Penerbit Esis